Porkab, Ajang Seleksi Atlet Demak Berprestasi

porkab demak

porkab demak
Demak – Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) merupakan salah satu event olahraga yang diselenggarakan rutin setiap dua tahun sekali di Demak. Diharapkan melalui event ini dapat menjaring masyarakat Demak yang berprestasi di bidang olahraga sehingga dengan prestasi para atlit, maka citra Kabupaten Demak pun dapat terangkat di kancah olahraga provinsi, nasional atau bahkan internasional.
PORKAB juga merupakan ajang seleksi dan wahana pembinaan olahraga di tingkat kabupaten, serta sebagai salah satu barometer untuk mengukur keberhasilan suatu daerah. Karena sebuah daerah yang maju, tidak hanya dilihat dari perkembangan pembangunan dan pendidikan saja, namun juga pembangunan di bidang olahraga. Terlebih pembangunan bidang olahraga berkaitan erat dengan pembentukan watak bangsa. Melalui kegiatan olahraga, kesehatan jasmani akan terpenuhi, watak dan kepribadian masyarakat pun akan terbangun menjadi lebih sportif.
Demikian disampaikan Bupati Demak, HM. Natsir saat membuka Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Demak Tahun 2016, Selasa (8/11) di alun-alun. Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, Dr. Singgih Setyono, MKes, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Demak, dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah. PORKAB diikuti oleh 14 kontingen dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Demak.
”Saya paham betul, bahwa semua atlit yang bertanding mengharapkan sebuah kemenangan. Namun, dalam meraih predikat itu, saya minta para atlit untuk tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Ini sangat penting karena sportivitas merupakan salah satu perwujudan dari sebuah kejujuran. Maka tunjukkan kemampuan terbaik anda. Menang atau kalah adalah satu hal yang pasti terjadi dalam sebuah pertandingan. Ingat bahwa lawan dalam kompetisi olahraga, bukanlah ”lawan” dalam arti sebenarnya. Lawan anda sesungguhnya merupakan rekan bertanding. Sebagai atlit berpeganglah pada falsafah Jawa, ’menang ora umuk, kalah ora ngamuk’. Jika setiap atlit mampu berpegang pada falsafah ini, niscaya penyelenggaraan PORKAB 2016 akan berjalan lancar, sukses, dan saya yakin tidak akan mengalami kendala yang berarti,” tegas Bupati.
Bupati menghimbau kepada para juara nantinya bahwa mereka akan dibina secara intensif untuk dipersiapkan mewakili Demak dalam Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jateng yang akan dilangsungkan di Kota Tegal pada tahun 2018 mendatang.
”PORKAB kali ini adalah ajang pesta olahraga masyarakat Demak. Karena itu, saya berpesan agar para atlit, penonton, supporter, official ataupun wasit, tidak menodai pesta ini dengan tindakan-tindakan yang tidak sportif. Tunjukkan bahwa masyarakat Demak adalah masyarakat yang sportif, santun dan agamis. Sekali lagi pahamilah bahwa PORKAB adalah ajang adu prestasi olahraga dan persahabatan,” pungkasnya. (Media Center)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>