Pengembangan Usaha Lembaga Komunikasi Sosial (LKS) Melalui E-Commerce

bintek lks

Demak – Keberadaan Lembaga Komunikasi Masyarakat saat ini sangat diperlukan disebabkan oleh kondisi sebagian masyarakat yang belum memiliki kemampuan memadai untuk menelaah muatan informasi, baik karena faktor sosial, ekonomi maupun budaya. LKS adalah suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan. Perlu dibangun pemahaman yang utuh dan benar untuk arah pengembangan dan pemberdayaan LKS secara terintegrasi dan sinergi oleh pemerintah. Lembaga Komunikasi Masyarakat diharapkan mampu menjadi salah satu rujukan bagi masyarakat untuk mengakses informasi melalui pemberitaan yang obyektif dan kondusif.
Di Gedung Diklat & Litbang Kabupaten Demak, Bidang Komunikasi Dinhubkominfo Kabupaten Demak mengadakan Bimbingan Teknis Pengembangan Usaha LKS melalui E-COMMERCE. Peserta 30 dari anggota LKS atau LKM yang sudah terbentuk tahun 2014, SK 518.273/170/2014, terdiri dari unsur Seni Budaya,Ukm, Pertanian,Peternakan, Pemuda dan Olah raga acara di buka oleh Kepala Dinhubkominfo Kab. Demak Drs. M. Agus Nugroho LP merangkap sebagai nara sumber dengan tema Peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai agen Diseminasi Informasi. Hadir dalam acara Staf Bidang Informatika Dinhubkominfo Kab. Demak Muhammad Kholiqin sebagai salah satu nara sumber dengan tema Desain WEB E-COMMERCE dengan WordPress, dan Kepala Kabid Komunikasi P. M. Heri Astuti sebagai Ketua Panitia Penyelenggara dan Moderator. Acara berlangsung tanggal 29 November 2016.
Tujuan LKM diharapkan mampu menjadi mitra pemerintah dalam mensosialisasikan informasi tentang kebijakan publik serta mengoptimalkan peran masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan khususnya dibidang diseminasi informasi. Sebagai organisasi yang berperan secara aktif dalam penyebarluasan (diseminasi) informasi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan kepada warga.
Sebagai salah satu rujukan dalam pencarian informasi oleh masyarakat serta berperan secara aktif dalam forum-forum terkait dengan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan ikut berpartisipasi dalam memerangi kemiskinan dan mengurangi pengangguran melalui penggalian potensi masyarakat yang diwujudkan dalam karya nyata, Meningkatkan kesejahteraan masyarakat; melalui berbagai usaha mikro.(Media Center)