Menu Close

Operator Room PPID Utama Kab. Demak Diluncurkan

DEMAK – Mengawali tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Demak menunjukkan keseriusan dalam meningkatkan mutu Pelayanan Publik dalam hal Informasi dan Dokumentasi yang dikelola olah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang menjadi bagian dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak dengan membuat Operator Room PPID. Hal ini sangat berdasar karena Bupati dan Wakil Bupati berusaha untuk mewujudkan Visi kabupaten Demak dimana untuk mencapai visi tersebut dilakukan beberapa misi diantaranya yaitu menciptakan kepemerintahan yang berprinsip Good Governance dan mewujudkan kualitas pelayanan investasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Selain pelayanan pada masalah informasi dan dokumentasi, PPID juga melakukan pengumpulan data Statistik dari semua Badan Publik yang ada di Kabupaten Demak yang dalam website PPID tertampak pada menu Open Data. Data statistik yang ada di dalam menu Open Data ini nanti merupakan embrio dari proses panjang lahirnya Single Data Sistem yang nantinya merupakan bagian dari Sistem Informasi Pembanguna Daerah (SIPD) sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 98 Tahun 2018 Tentang SIPD yang ditindaklanjuti dengan Surat Kemendagri Nomor 120/066/Bangda tanggal 7 Januari 2019 perihal Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Daerah Bidang Statistik.

Dengan adanya Operator Room PPID ini segala informasi yang bersumber dari Badan Publik yang ada di Kabupaten Demak dikumpulkan untuk diklasifikasikan ke dalam jenis informasinya yaitu informasi berkala, setiap saat, serta merta dan informasi yang dikecualikan yang untuk selanjutnya di upload dalam website PPID Utama dan PPID Pembantu. Sedangkan data statistik dari semua Badan Publik untuk sementara ini akan dikumpulkan untuk ditampilkan dalam website PPID (http://www.ppid.demakkab.go.id) menu Open Data sub menu Data dalam bentuk pdf dan bisa di download.

Dengan semakin baiknya kualitas pelayanan publik termasuk pelayanan informasi publik dan Single Data Sistem akan memberikan manfaat bagi Pemerintah Kabupaten Demak dan pengguna data, karena dengan data, kita bisa menarik perhatian para pemodal untuk berinvestasi di Demak dan memudahkan para peneliti untuk mendapatkan data tentang Demak baik dalam hal Kepemerintahan maupun Potensi Wilayah. (AGP – Kominfo)