Menu Close

Penganugerahan Badan Publik Tahun 2018

SEMARANG – UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) adalah bentuk kebijakan publik yang ditujukan untuk memenuhi hak azasi manusia dalam mendapatkan informasi. Untuk mengetahui wujud kepedulian daerah dalam mengimplementasikan UU No. 14 Tahun 2008 Komisi Informasi Propinsi Jawa Tengah tahun ini telah melakukan monitoring dan evaluasi terhadap 460 badan publik. Indikator penilaian meliputi pengembangan website, kuesioner mandiri, visitasi/verifikasi. Selanjutnya, dilakukan tahap uji publik dan presentasi untuk menilai komitmen, koordinasi, dan inovasi dalam implementasi keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh pimpinan daerah.
Sebagai puncak acara penilaian, Komisi Informasi Propinsi Jawa Tengah mengadakan malam Penganugerahan Badan Publik berupa KIP AWARD pada tanggal 7 Desember 2018 bertempat di Grand Rama Shinta Hotel Patra Jasa Semarang yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ketua Komisi Informasi Pusat, Romanus Ndau Lendong serta sejumlah Bupati dan Walikota dari Jawa Tengah. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerahkan penghargaan Kategori Informatif Utama kepada Pemerintah Kota Pekalongan.
Gubernur berpesan agar tiap-tiap Pemerintah Kabupaten/Kota selalu mengupdate informasi bagi masyarakat.”Ketika update informasi, maka akses informasi masyarakat terpenuhi. Contohnya ketersediaan bed di Rumah Sakit. Aduan masyarakat cepat ditangani, keterbukaan informasi juga mencegah korupsi. Bapak ibu yang hadir pada malam ini saya apresiasi sekali, karena betul-betul menunjukkan komitmen Pimpinan Daerah,” tandasnya.
Sementara Ketua KIP Jateng Sosiawan mengungkapkan bahwa “KIP Award adalah salah satu bentuk dorongan bagi Badan Publik untuk mengimplementasikan UU Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Menjamin masyarakat memperoleh hak untuk tahu karena informasi yang tak terkendali dan anomali bisa merusak informasi yang sebenarnya,” kata Sosiawan.
Berikut adalah penerima penghargaan KIP AWARD tahun 2018 :

  1. Kota Pekalongan (Kab/Kota Informatif Utama)
  2. Kabupaten Batang (Kab/Kota Informatif)
  3. Kota Surakarta (Kab/Kota Informatif)
  4. Kota Semarang (Kab/Kota Informatif)
  5. Kabupaten Banyumas (Kab/Kota menuju Informatif)
  6. Kota Magelang (Kab/kota Menuju Informatif)
  7. Karanganyar (Kab/Kota Menuju Informatif)
  8. Temanggung (Kab/Kota Menuju Informatif)
  9. Wonosobo (Kab/Kota Menuju Informatif)
  10. Wonogiri (kab/Kota Menuju Informatif)
  11. Brebes (kab/Kota Menuju Informatif)
  12. Kudus (Kab/Kota Menuju Informatif)
  13. Pemalang (Kab/Kota Menuju Informatif)
  14. Purbaligga (Kab/Kota Menuju Informatif)
  15. Pekalongan (Kab/Kota Cukup Informatif)
  16. Magelang (Kab/Kota Cukup Informatif)
  17. Rembang (Kab/Kota Cukup Informatif)

(AGP-DINKOMINFO).