Menu Close

SEMUA KEPALA OPD MENDUKUNG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

Demak,     16 Mei 2019

Gerakan menuju 100 Smart City merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan. Gerakan tersebut bertujuan membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

 

Pada tahun 2019 ini, Demak termasuk 100 kota se – Indonesia yang terpilih sebagai “Kota Pintar” atau “Smart City” persisnya adalah paket 25 kota terakhir dari program 100 Smart City yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat. Smart City atau Kota cerdas adalah kota yang paling cepat dan akurat memberikan solusi kepada warganya, konsep smart city ini terdiri dari komponen-komponen pendukung yakni : smart government, smart economy, smart environment, smart branding, smart society dan smart living.

 

Pada kegiatan Rapat Koordinasi Percepatan Demak menuju Smart City dan Kabupaten Informatif tersebut, Bupati Demak, H.M. Natsir menyampaikan “Smart city diharapkan dapat membantu solusi kendala yang ada di Kabupaten Demak dan memberikan manfaat bagi pemerintah Kabupaten dan masyarakat yakni peningkatan kualitas hidup seperti efisiensi dan efektifitas, mengurangi kesenjangan dalam masyarakat, transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik jadi mudah, data dan informasi juga mudah di dapat”. Lebih lanjut beliau mengatakan dalam Rakor tersebut, sudah semestinya semua OPD dan Badan Publik yang ada di Kabupaten Demak dengan suka rela menyerahkan data dan informasi OPD kepada Dinkominfo agar tercipta satu data”. Sebelumnya semua Pimpinan OPD sebanyak 48 orang telah menandatangani komitmen bersama untuk mewujudkan Demak sebagai Smart City dan Kabupaten Informatif. (AGP_Kominfo).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *