Menu Close

Sukseskan Program Vaksinasi, Kodim Demak Lakukan Penyuntikan Dosis Kedua

Demak – Sebanyak 250 prajurit dan PNS Kodim 0716/Demak melaksanakan vaksinasi dosis kedua di Aula Makodim, Selasa (16/3/21). Vaksinasi ini merupakan lanjutan pada vaksinasi dosis pertama yang dilaksanakan pada 2 Februari 2021.

Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz mengatakan vaksinasi Covid-19 merupakan perintah langsung dari komando atas dalam upaya pencegahan penyebaran virus di kalangan prajurit.

“Hari ini ada 250 prajurit dan PNS Kodim Demak yang ikut vaksin tahap dua. Untuk yang belum atau tertunda karena beberapa hal, nanti vaksinasinya akan menyusul,” kata Dandim

Pihaknya meminta kepada seluruh komponen masyarakat untuk mendukung langkah dan program pemerintah. Dengan menyukseskan program Vaksinasi Covid-19, sehingga nantinya seluruh penduduk Indonesia mencapai herd immunity (kekebalan kelompok).

Ditambahkan Dandim, “dengan vaksinasi ini diharapkan, para prajurit Kodim 0716/Demak yang menjadi garda terdepan setelah tenaga medis dapat terhindar dari Covid-19. Untuk itu, mari kita semua dukung program pemerintah dalam mengatasi pandemi ini. Selalu patuhi protokol kesehatan, dan jangan takut untuk divaksin. Karena vaksin Covid-19 sudah teruji aman dan halal”.

Terpisah, Kepala Puskesmas Bonang 2 Indah Kusumawati menyampaikan, vaksin Covid-19 harus diberikan dalam dua dosis. Ini dimaksudkan untuk membentuk antibodi atau imunogenitas tubuh terhadap virus secara optimal.”Untuk mengoptimalkasn pembentukan antibodi maka harus diberikan dua kali penyuntikan”.

Lebih lanjut Indah mengatakan, antobodi tubuh tidak langsung terbentuk sesaat setelah vaksin Covid-19 disuntikan. “Jadi setelah 14 hari pasca vaksinasi dosis pertama antibodi tubuh yang terbentuk terhadap Virus Korona mencapai 60 persen. Kemudian 28 hari pasca vaksinasi dosis kedua, pembentukan antibodi bisa mencapai 95-99 persen”,pungkasnya.(kominfo/ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LIVE OFFLINE
track image
Loading...